5 Pilihan Atap Kanopi untuk Eksterior Makin Elegan

Ahsan Jaya menyediakan produk berkualitas dan layanan yang profesional.

Blog

Kanopi adalah struktur tambahan dari sebuah bangunan, yaitu atap pelindung dari panas dan hujan. Bahan atap kanopi bisa bermacam-macam, di antaranya kaca, kayu, tensile membrane, baja ringan, sintetis, dan sebagainya.
Biasanya kanopi dipasang di halaman depan atau belakang, carport, rooftop, dan area-area terbuka lainnya. Meski cuma tambahan struktur, bukan berarti tidak perlu dipikirkan estetikanya. Desain kanopi perlu mendapat perhatian khusus, bahkan sejak pemilihan materialnya.
Struktur kanopi sendiri terdiri dari dua bagian penting, yaitu atap dan rangka. Beberapa jenis bahan yang umum dipakai untuk rangka kanopi, misalnya besi, baja ringan, kayu, dan stainless steel. Sedangkan jenis bahan atap kanopi lebih bervariasi. Inilah dia yang akan kita bahas kali ini. Berikut lima pilihan bahan atap kanopi yang akan membuat fasad rumah Anda makin cantik.

1. Kanopi Kaca untuk Estetika
Kaca merupakan pilihan pas bagi Anda yang menginginkan tampilan clean dan penuh gaya? Tapi, perlu diingat bahwa harga material yang satu ini terbilang tinggi, sehingga kurang populer di kalangan masyarakat, khususnya menengah ke bawah.
Namun penggunaan kaca memberikan sejumlah kelebihan, terutama dalam hal kekuatan, penyerapan cahaya, dan nilai estetikanya yang tinggi. Sementara itu, terdapat dua jenis kaca yang umumnya digunakan, yaitu tempered glass dan recasens glass. Harga kedua jenis tersebut cukup tinggi. Jadi jika inign menggunakannya, sebaiknya telah melalui perhitungan yang matang dan teliti.

2. Kanopi Terpal Membrane untuk Daya Tahan
Kanopi membran belakangan juga cukup populer di masyarakat. Bahan atap kanopi memakai kain membran yang biasa disebut dengan tensile membrane, terpal membrane, atau tenda membrane.
Bahan ini dikenal memiliki kekuatan dan daya tahan tinggi. Tensile membrane adalah bahan atap yang menyerap sinar matahari tanpa menyalurkannya kembali. Jadi, area yang tertutupi kanopi terpal membrane akan lebih teduh.
Atap kanopi memakai tenda membrane berfungsi sebagai pelindung dari sinar matahari langsung yang memiliki efek perusak. Tenda membrane memiliki ketahanan terhadap paparan zat kimia, punya tingkat elastisitas yang tinggi, serta tak mudah sobek. Selain itu, terpal membrane juga fleksibel mengikuti struktur rangka, sehingga desainnya bisa dibuat sedemikian rupa agar menghasilkan tampilan cantik.

3. Kanopi Go Green
Go Green merupakan atap lembaran yang terbuat dari kombinasi antara bahan plastik dengan sejumlah senyawa kimia tertentu. Plastik yang digunakan berkualitas superior, sehingga memiliki kekuatan dan daya tahan jauh lebih baik dari plastik biasa. Namun masih dengan sifat asli plastik, yaitu lentur, ringan, dan mudah leleh saat terbakar.
Seperti namanya, atap go green memang dikenal ramah lingkungan. Atap ini seratus persen melindungi area dari sinar UV yang bisa membahayakan, tidak beracun, dan mudah pengaplikasiannya.

4. Kanopi Kayu yang Eksotik
Kalau Anda ingin suasana lebih natural, sepertinya kanopi kayu merupakan opsi paling tepat. Secara instan Anda akan mendapatkannya jika memasang kanopi kayu, hunian pun tampak makin elegan.
Beberapa jenis kayu memang kuat dan tidak mudah lapuk, tetapi memerlukan perawatan intensif dan berkala untuk menjaga kekuatannya. Mengingat hal itu cukup merepotkan, maka tidak heran jika sedikit orang menggunakan atap kanopi berbahan kayu.

5. Bahan Atap Kanopi Sintetis yang Ekonomis
Masyarakat banyak memilih atap kanopi berbahan dasar plastik sintetis karena harganya yang memang terjangkau. Beberapa jenis kanopi sintetis yang umum dipakai, antara lain polikarbonat, alderon, solar tuff, dan fiber. Semuanya dapat dikombinaskan dengan struktur rangka baja ringan atau besi hollow.
Kanopi berbahan dasar sintetis memiliki sejumlah kelebihan selain harganya yang ekonomis. Di antaranya ringan, tingkat penyerapan sinar matahari sedang karena permukaannya bening, instalasi mudah, tahan terhadap perubahan suhu, serta menghasilkan kesan modern dan minimalis pada fasad rumah Anda.
Itulah beberapa jenis bahan atap kanopi yang bisa Anda pilih untuk melindungi sekaligus mempercantik area terbuka di rumah. Kami sendiri lebih merekomendasikan terpal membrane, karena seperti diketahui bahan tersebut memiliki banyak keunggulan. (red)