Jenis Terpal Tambak Beserta Kisaran Harganya

Tidak sembarang terpal bisa digunakan untuk tambak udang atau ikan. Ada kriteria khusus yang sebaiknya dimiliki terpal untuk tambak ikan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang jenis terpal tambak.

Blog

Jenis Terpal Tambak Berdasarkan Bentuknya
Jenis terpal tambak berdasarkan bentuknya terbagi menjadi dua, yaitu terpal persegi dan terpal bulat. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut uraiannya.

Kolam Terpal Persegi
Bentuknya bisa persegi atau persegi panjang. Kolam terpal kotak atau persegi dapat digunakan untuk memaksimalkan luas lahan karena mampu menjangkau semua sudut. Ini juga bisa diisi air dengan volume tinggi. Juga bisa dipakai untuk budidaya ikan berkelanjutan dengan memberi sekat untuk pembibitan dan pengembangan.
Di sisi lain, kolam terpal kotak untuk tambak ikan juga memunyai sejumlah kekurangan. Di antaranya soal pembuangan limbah yang cukup sulit, membutuhkan rangka atau penyangga yang kokoh, serta memiliki sudut-sudut yang tidak terjangkau untuk difusi air.

Kolam Terpal Bulat
Jenis berikutnya adalah kolam terpal bulat. Terpal kolam bulat lebih baik dalam hal menahan beban air, difusi lebih merata, dan memudahkan proses pembuangan limbah. Namun kekurangannya, kolam terpal bulat cenderung dapat menampung air dengan volume lebih sedikit. Biaya pembuatannya sedikit lebih tinggi daripada kolam kotak. Lahan yang diperlukan juga cukup luas karena bentuknya yang tidak bersudut.

Jenis Terpal Kolam Berdasarkan Tingkat Ketebalannya
Terpal untuk tambak udang atau ikan menggunakan bahan plastik atau lebih tepatnya tarpaulin. Terbuat dari serat kain, seperti kanvas atau poliester yang kemudian diberi lapisan laminating, sehingga material ini memiliki ketahanan dan kekuatan lebih baik terhadap air.
Ada banyak jenis terpal kolam yang dijual di pasaran. Tingkat ketebalannya dinyatakan dalam kode huruf A yang diikuti angka sebagai panduan ukuran. Contohnya seperti terpal A3, A5, A8, A12, A20, dan seterusnya.
Umumnya orang awam akan mengira kalau terpal ukuran A20 akan lebih tebal daripada terpal A3. Padahal sebaliknya, semakin kecil angka di belakang huruf A, makin tebal pula ukuran terpal tambak tersebut. Jadi, terpal ukuran A20 justru lebih tipis daripada terpal kolam A3.
Tapi perlu diingat bahwa tingkat ketebalan ini tidak ada hubungannya dengan fitur kedap air. Terpal yang lebih tipis bisa jadi lebih tahan lama karena memiliki kekuatan lebih baik.

Kisaran Harga Terpal untuk Tambak Ikan
Jenis terpal sangat memengaruhi harga jualnya. Harga terpal untuk tambak ikan bentuk kotak dan persegi tentu saja berbeda. Begitu pula, terpal tambak tebal harganya juga lebih rendah daripada ukuran tipis. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak panduan harga berikut ini sebagai referensi.

Harga Terpal Kolam Tambak Bulat
Tergantung ukurannya, harga terpal tambak bulat termurah mulai Rp100 ribu-an untuk diameter satu meter. Rinciannya ada di bawah ini:

  • Diameter 1m : Rp100.000,-/pc
  • Diameter 2m : Rp290.000,-/pc
  • Diameter 3m : Rp480.000,-/pc
  • Diameter 4m : Rp725.000,-/pc
  • Diameter 5m : Rp1.150.000,-/pc
    *)Harga tidak mengikat, dapat berubah sewaktu-waktu.

Harga Terpal Kolam Persegi
Kalau terpal tambak jenis ini, harganya tergantung tingkat ketebalannya. Biaya pembuatan kolam terpal untuk tambak udang dan ikan juga akan mengikuti ukuran kolam dan tebal tipisnya terpal yang digunakan.

  • Terpal A3 : Rp4.500,-/m2
  • Terpal A5 : Rp6.000,-/m2
  • Terpal A8 : Rp8.000,-/m2
  • Terpal A10 : Rp9.500,-/m2
  • Terpal A12 : Rp11.000,-/m2
  • Terpal A15 : Rp14.000,-/m2
    *)Harga tidak mengikat, dapat berubah sewaktu-waktu.

Informasi tentang harga terpal tambak ikan di atas sekaligus mengakhiri uraian kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat Anda jadikan referensi.