Cara Hitung Kebutuhan Terpal Kolam untuk 1000 Ekor Ikan Lele

Ukuran kolam sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan bibit lele. Jika ukurannya pas, Anda bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal. Selain itu, perhitungan ini juga berguna untuk mengetahui berapa jumlah modal yang harus disiapkan. Nah, berikut ulasan ringkas tentang cara menghitung kebutuhan terpal kolam ikan lele untuk 1.000 ekor.

Blog

Luas Kolam Ideal untuk Budidaya Ikan Lele 1.000 ekor
Ada dua pendapat yang saat ini banyak dipakai oleh para praktisi budidaya ikan, terutama yang menggunakan terpal kolam sebagai media budidaya. Pendapat pertama berasal dari perhitungan yang dilansir dari situs ternakpedia.com. Sedang pendapat kedua merupakan hasil rumusan praktisi yang kemudian dipublikasikan lewat ayobudidaya.com.

Pendapat pertama menyebutkan bahwa ukuran kolam ideal untuk bibit ikan lele adalah satu meter persegi untuk setiap 200 ekor. Ketinggian air di dalam kolam berkisar antara 50 – 100cm. Jika mengikuti pendapat ini, maka luas kolam ideal untuk 1.000 ekor ikan lele adalah 5 meter persegi.
Sementara itu menurut pendapat kedua, luas kolam ideal untuk jumlah bibit tersebut tidaklah sama. Apabila Anda ingin menabur 1.000 ekor benih lele, maka membutuhkan kolam seluas 5 x 2 meter persegi dengan ketinggian air 100cm dari dasar. Luas kolam yang lebih sempit dari angka tersebut akan menghasilkan panen yang kurang maksimal.

Apabila Anda berencana membeli bibit lele sejumlah 5.000 bahkan 10.000 ekor, maka Anda harus membuat beberapa kolam sekaligus. Menggunakan patokan per 1.000 ekor, berarti Anda membutuhkan 10 kolam dengan ukuran yang sama.

Ukuran Terpal Kolam Ikan untuk Budidaya Lele
Menghitung kebutuhan terpal kolam ikan tidak hanya bergantung pada ukuran, tetapi juga jenis terpal kolam yang ingin digunakan. Jenis terpal kolam terbagi menjadi dua berdasarkan bentuknya, yaitu bulat dan kotak. Kolam terpal bulat dan kotak memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Selain itu, Anda juga hars memperhatikan pilihan terpal berdasarkan tingkat ketebalannya. Ketebalan terpal kolam ikan berpengaruh terhadap kekuatan dan daya tahannya. Beberapa jenis terpal berbahan PVC juga bisa dipilih karena lebih berkualitas dan memiliki ketahanan ekstra dalam berbagai kondisi.
Sebagai panduan dalam menghitung biaya pembuatan kolam terpal, berikut daftar harga terpal kolam ikan di AhsanJaya.

Cara Hitung Kebutuhan Terpal Kolam Ikan Lele
Pertama, tentukan ukuran terpal kolam yang akan dibuat. Jika menggunakan patokan di atas, Anda bisa memakai pendapat kedua, yakni 5 x 2 meter persegi, dengan ketinggian air 100cm/1m. Anda dapat memilih terpal jenis A3 yang juga banyak dipakai para pembudidaya ikan, karena dikenal kuat dan tebal.
Setelah menentukan ukuran terpal kolam, sebaiknya berikan lebihan sedikitnya dua meter untuk panjang dan lebarnya.

  • Panjang : 5 + 2 = 7
  • Lebar : 2 + 2 = 4

Jadi, Anda sebaiknya membeli terpal berukuran lebih besar dari luas kolam yang telah ditentukan. Untuk kolam 5 x 2, maka terpal yang dibutuhkan adalah 7 x 4 atau 28 meter persegi.
Berikutnya Anda tinggal menghitung kebutuhan modal untuk terpal dengan ukuran tersebut. Jika memilih terpal jenis A3, maka 28m2 dikalikan Rp4.500,-/m2 adalah sebesar Rp126.000,-.

Sebagian orang lebih suka memakai terpal bulat karena bisa menghemat lahan. Jika Anda memilih terpal bulat, maka terpal kolam ikan berdiameter 1m sudah cukup untuk menampung 1.000 ekor ikan lele. Sementara harga kolam ikan terpal bulat diameter 1m adalah Rp100.000,- per unit. Sangat terjangkau, bukan? (red)